//
you're reading...
Personal

Tips Bayar Pajak Motor di Samsat

Ada beberapa Tips,buat kamu yang belum pernah bayar Pajak Motor atau perpanjang STNK di Samsat.

  1. Sebelum berangkat, alangkah baiknya siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan. Yaitu Bulpen dan staples, kenapa harus bawa ini, karena kalo udah sampe sono bakalan kelabakan nyari pinjeman ma orang lain, waktu kita tersita lagi buat nyari pinjeman pulpen ama staples.
  2. Jangan lupa siapkan KTP, BPKB & STNK ( asli ) jangan lupa di foto copy dulu. Biar lebih murah foto copy di luar aja. Kalo di Samsat berdasarkan pengalaman selembar seribu rupiah. Ya buat irit-irit dikit lah.
  3. Kira-kira semuanya sudah siap, berangkat lah ke Samsat pagi-pagi tentunya ya sekitar jam 07.00 atau 07.30 lah sampai samsat, biasanya orang-orang udah pada ngantri nunggu formulir dan formulir biasanya dibuka sebelum jam 08.00. Oh ya, jangan lupa siapin duit-duit kecil supaya lebih enak.
  4. Setelah dapat formulir, buru-buru dah ketempat pembayaran dan jangan lupa ambil nomor antrian. Sambil menunggu di panggil nomor antrian, Isi semua formulir dengan lengkap kemudian lampirkan KTP & STNK ( Asli + FotoCopy ).
  5. BPKB ga usah dilampirkan, hanya digunakan buat nunjukin aja kalo kita dipanggil ke registrasi. Setelah di panggil kasih semua tuh data-datanya. Habis kita dikasih tanda terima buat nunggu pembayaran.
  6. Ga beberapa lama, biasanya di panggil nama dan no plat motor kamu jangan ngalamun tar ketinggalan lagi. Tar kasir nyebutin berapa pajak yang harus kamu bayar. Setelah bayar, tanda terima tadi di cap dan nunggu lagi buat ambil STNK & Bukti pembayarannya. Udah deh kelar.

Ini pengalaman saya bayar di Samsat Kota Bekasi, saya datang jam 07.30 dan selesai sekitar jam 08.45. Lumayan cepet lah… Oh iya mengenai Pajak Motor sekarang ada peraturan baru tentang Tarif Pajak yang Progresif, kalo ga salah sekilas yang tadi gue baca di samsat seperti ini :

  • Kendaraan Bermotor Milik ke 1 Tarif 1.75%
  • Kendaraan Bermotor Milik ke 2 Tarif 2.25%
  • Kendaraan Bermotor Milik ke 3 Tarif 2.75%
  • Kendaraan Bermotor Milik ke 4 Tarif 3.25%, dst

Tarif ini di hitung dari Dasar Pengenaan Pajak motor anda, kalo di kota lain ga tau ya tarifnya sama apa ga dan tarif ini berlaku kalo ga salah 02 Januari 2012…Jadi kalo kamu punya motor banyak dengan satu nama KTP dan bayar pajak motormu yang ke-4 misalnya, siapin aja deh duit yang gede takutnya kurang kan malu di sono heeeheee…

Udah segitu dulu pengalaman ane bayar pajak motor di Samsat Kota Bekasi,moga bisa membantu kalian yang belum pernah bayar atau pengen pengalaman bayar pajak motor.

About these ads

Tentang Muhammad Imda

I'm Not a Perfect Person... Website : http://imda.wordpress.com

Diskusi

5 pemikiran pada “Tips Bayar Pajak Motor di Samsat

  1. pajak di kota / kab bekasi ada kenaikan 0,5%. apa di wilayah Depok atau DKI juga ada kenaikan yang sama ?
    kalau yang naik cuma di kota/kab. bekasi saja, berarti biaya diberbagai hal di bekasi tuh lebih mahal dibanding kota lain, seperti biaya sekolah, pajak kendaraan, pengurusan di kantor pemerintahan dll.
    wow….

    Posted by rocky | Oktober 18, 2012, 5:27 am
    • Kalo ga salah untuk daerah Metro Jaya, meliputi Jadetabek sudah menggunakan tarif Pajak Progresif selain menambah pendapatan daerah mungkin untuk menekan kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi kalo ga mau bayar pajaknya gede ya satu orang punya satu motor, kalo mau beli lagi pakai nama anak atau istri.
      Kalo biaya hidup memang mahal tapi menurut saya masih lebih murah di banding jakarta,kalo saya pribadi sebel banget ngurusin urusan pemerintahan atau apalah di samping ribet ujung-ujungnya pasti duit ga parkir lah, ga apa lah….Makin wow deh btw ma ksh commentnya

      Posted by Muhammad Imda | Oktober 19, 2012, 7:17 am
  2. kalau mau bayar pajak tapi ga ada kktp aslinya gimana ,kena denda berapa,trimakasih

    Posted by karyono | Juni 16, 2013, 3:11 pm
  3. saya punya mobil dan punya motor ,semua atas nama saya ,apa kena pajak progresif ga

    Posted by karyono | Juni 16, 2013, 3:13 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: