//
you're reading...
MotoGP

Biaya Balapan Di MotoGP

Angan – angan pengen punya Team Balap buat ajang balapan di Lokal, supaya dunia balap di negeri ini jadi rame tapi berapakah biayanya ya? Siapa tahu riders nya bisa nembuh ajang MotoGP..( wow mimpinya terlalu tinggi bro.. ) yah namanya juga angan – angan alias mimpi. Siapa tahu di kemudian hari mimpi itu akan jadi kenyataan.

Biaya buat bikin Team di MotoGP aja udah gila-gilaan ya? Pantesan Indonesia ga kuat danain Olah Raga seperti ini atau duitnya di korupsi aja buat memperkaya diri sendiri.

Berikut Biaya Buat Team MotoGP yang saya ambil dari Indobikersmags.com

Staff 13,000,000

Biasanya ini terdiri dari 30-40 orang. Terdiri dari 1 projek manager, 1 racing manager, 2 Chief mekanik, 8 mekanik ( 1 pembalap 4mekanik) 8 helper (1 pembalap 4 helper)  4-8 orang specialist (test rider, specialis bahan bakar, specialis ban, fairing dan aerodinamis) 4 orang pendukung (koki, ahli nutrisi, driver, fisioterapis)

Salary racer 10 000 000

Pembalap pertama dan kedua memiliki gaji yang berbeda. Tergantung skill, pengalaman dan nilai jual pembalap itu sendiri. Tapi minimal pembalap motoGP digaji sekitar 1 juta USD per musim.

Infrastructure 1,500,000

Terdiri dari biaya kendaraan – Motor home, kontainer, logistik penyewaan / kepemilikan private jet hingga biaya transportasi udara – darat dan penginapan

Motors 1,400,000

Mesin Motor dibatasi sebanyak 6 unit untuk 1 pembalap. Dua pembalap artinya 12 unit mesin plus 2 unit mesin cadangan (penalti) artinya 1 mesin harganya adalah sekitar 100.000 Euro alias 1 milliar lebih. Mesin doang lho!

Chassis – Frame 1,500,000

Biasanya pembalap minimal menggunakan 4 frame dalam 1 musim. Dua pembalap artinya 8 frame. Plus 2 frame cadangan.Nah itung aja, berarti satu Frame bernilai sekitar 1.7 milliar rupiah lebih. Belum termasuk mesin.

Electronics 2,600,000

Ini yang membuat motor begitu mahal. Biaya elektrikal motor termasuk alat pengaturan traction control, wiring hingga berbagai alat bantu seperti launch control memakan biaya hampir sama dengan harga mesin dan frame motor!

Racing Team Logistic 3,000,000

Ini adalah biaya lain yang sulit untuk dijelaskan secara spesifik. Tetapi umumnya meliputi biaya hospitality, pajak hingga logistik lainya.

Test team 1,000,000

Test team mereka bekerja di balik layar. Untuk pengembangan mesin motor maupun uji coba. Pembalap Test team umumnya veteran seperti Kousuke Akiyoshi dan Wataru Yoshikawa. Tetapi beberapa tim melakukan tugas rangkap. Seperti Guarreschi yang notabene adalah manager racing team doi juga merangkap Test Rider.

Total costs (gross) 34,000,000

Inilah biaya yang dikeluarkan sebuah tim pabrikan yang ingin berpartisipasi di motogp. lebih dari 35 milliar mereka harus keluarkan dari kocek sendiri.

Income from sponsors 14,000,000 – 40.000.000

Ini bervariasi, namun tinggal seberapa besar kemampuan tim mencari bantuan sponsor. Umumnya tim satelit akan mendapatkan profit margin disini (mengingat sering kali tim satelit dibantu oleh pabrikan untu urusan suply mesin) tetapi seperti Ducati mereka mendapatkan keuntungan dari Marlboro dan Shell !

Tapi yang saya heran, bagaimana mereka bisa nyari sponsor kalo Rider mereka jadi penghuni terakhir balapan alias juru kunci.Bagaimana sponsor bisa percaya penjualan mereka akan naik kalo Teamnya aja di belakang terus jarang terlihat kamera. Itulah orang – orang bule, analisis SWOTnya hebat mungkin juga karena bosnya Hobi akan Olah Raga ini, jadi ga mikirin untung rugi. Bagaimana dengan kebanyakan Orang Kaya di Indonesia? Mungkin masih sedikit yang hobi dengan Olah Raga ini, atau mereka berpikiran banyak ruginya kali ya.

About Muhammad Imda

I'm Not a Perfect Person... Website : https://imda.wordpress.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: