//
you're reading...
Curhat

Untungnya Ada Koperasi

Setiap orang memiliki kebutuhan, kadang kebutuhan yang tak terduga itupun datang secara tiba-tiba. Untuk memenuhi kebutuhannya itu biasanya orang akan mencari pinjaman / hutang. Alternative pencarian biasanya ke Bank dan Pegadaian, berhubung di bank prosesnya sedikit ribet, maka opsi selanjutnya adalah di pegadaian. Dengan menyerahkan Jaminan, proses peminjaman pun tidak memerlukan waktu yang agak lama hanya beberapa menit pinjamanpun cair.

Tapi setelah dihitung – hitung, kok jasa simpan di pegadaian gede juga ya??Dalam 2 bulan saja pinjaman sebesar Rp. 1.655.000,- dalam dua bulan saya harus membayar jasa simpan + adminstrasi sebesar Rp. 109.100,-  Wah lama-lama tekor juga ya…Lihat gambar ya??

Terbesitlah ide lagi buat bikin koperasi karyawan di kantor, dulu sudah pernah tercetus akan tetapi minat teman – teman belum ada.

Catatan : Koperasi ini hanya sebagai sebutan saja, karena memudahkan orang untuk “mengucapkan” belum di bentuk suatu badan hukum yang sah.

Tapi akhirnya sekarang sudah ada walaupun hanya dapat merekrut 13 orang. Konsepnya adalah uang itu akan digunakan untuk berjualan dan simpan pinjam, untuk simpan pinjam kita sepakati untuk persentase bunga sebesar 1%. Wah kalo saya pinjam Rp. 1.600.000,- berarti 2 bulan hanya membayar bunga Rp. 32.000,- ga cuma itu kita juga dapat pembagian SHU juga. Hmmm…kenapa ga dari dulu kita bikin kaya gini ya??

Kalo dibandingkan nabung di Bank misal BC#,saldo dibawah Rp.1jt aja kita ga dapat bunga belum biaya administrasi,tapi di koperasi ini hanya Rp.100.000,- bisa dapat bagi hasil Rp.2.000,- ga kena biaya administrasi lagi. Tapi ya itu kita cuma kalah gengsi aja. Ya namanya orang kadang suka ngremehin duit kecil. Bukankah sedikit demi sedikit lama – lama jadi bukit? bener juga sih cuma LAMA-LAMA nya itu orang pada ogah heeeeheee…

Ya,maklum saja Perum Pegadaian & Bank punya karyawan banyak jadi ya wajar kalo persentase bunganya gede. Tapi kalo buat rakyat kecil kaya kita gimana ya,mana pemerintah belum ada perhatianya.

Saran Saya, untuk kedepannya bagi kita yang belum bisa usaha sendiri karena keterbatasan modal dan jiwa wirausaha, mending ayolah kita bareng-bareng sisain receh-receh yang ga kepake, walaupun hasilnya sedikit ya itung-itung buat nabung tapi jangan lupa juga harus ikut kontribusi ya, selain membantu teman-teman sesama karyawan juga dapat tabungan. Tar kalo udah banyak mau bikin Mall juga silahkan atuh. Salam kebersamaan ya

About Muhammad Imda

I'm Not a Perfect Person... Website : https://imda.wordpress.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: